Jaringan Komputer











Networking atau Jaringan Komputer merupakan salah satu disiplin ilmu yang menurut saya sih sangat menarik sekali. Karena alasannya cuman simple..., penghidupan saya ya dari situ he..he...

Pengertiannya:
Pengertian Jaringan komputer lebih detail ada disini :
http://fadel05.tripod.com/network/jaringan.html

http://id.wikipedia.org/wiki/Jaringan_komputer

Tapi menurut saya simplenya network atau jaringan komputer ialah hubungan dua komputer atau lebih. Jadi ada hal yang penting dalam jaringan komputer yaitu hubungan dan jumlah komputer yang minimal dua atau lebih.....

Definisi komputer :
Sebuah perangkat elektronik yang terdapat alat input, proses, output dan simpan. Sehingga ponsel(karena ada alat input, proses, output dan simpan) itupun bisa kita sebut komputer.

Manfaat Jaringan Komputer
Jika ada dua buah komputer atau lebih, dan saling berhubungan satu sama lain, apa yang bisa dilakukan, jawabnya yaitu :

1. Berkomunikasi
Ya, kita bisa saling menelepon antar komputer, teknologi ini seringnya disebut VOIP, ataupun chatting(berkomunikasi dengan mengirimkan pesan text saja).

2. Bertukar data
Kita tidak perlu susah-susah dalam mencopy data pada komputer yang ada di lantai satu dengan komputer di lantai 20 misalnya, kita bisa menggunakan menu file sharing disini.

3. Satu Alat untuk semua
Kita cukup beli satu printer saja, jika di dirumah kita ada 4 buah komputer, karena jaringan komputer memungkinkan kita menggunakan alat(device) secara bersamaan.

OK...., sudah tahukan manfaat jaringan komputer. Selanjutnya kita belajar membangun jaringan tersebut.

0 komentar:


 

Copyleft 2009 | The Author no f#@$ing care if part of the content or the blog may be reproduced without permission.